//

Tawakal Dalam Mencari Rezeki Allah

Tawakal Dalam Mencari Rezeki Allah

 
Alloh swt berfirman kepada Nabi Musa as; 
"Wahai Musa jadilah engkau seperti burung yg sendirian, memakan dari makanan yg berada diatas pohon yg tinggi, minumlah dari air yg jernih, apabila masuk waktu malam hari, burung tersebut masuk kedalam sarangnya tanpa memikirkan makanan untuk esok harinya..."
Filosofi burung untuk bertawakkal kpd Alloh swt atas rizqinya...


Nabi saw bersabda; Ada 2 kelompok manusia yg ditanya oleh Alloh setelah kematiannya. 

Orang pertama ditanya oleh Alloh swt; 
wahai engkau, apa yg kau inginkan dr pekerjaanmu usahamu di dunia sehingga Aku takdirkan engkau menjadi orang kaya???
 
Orang tsb menjawab; 


Ya Alloh aku bekerja keras agar ketika aku mati anak istriku tidak menjadi orang miskin karena memiliki banyak harta yg aku tinggalkan. 

Alloh menyatakan;karena engkau tidak percaya akan rizqi dariKu, Aku akan membuat anak2mu saling berebut dari harta yg kamu tinggalkan sehingga engkau susah sedih di akhirat karena sebab ulah anak-anakmu.

Orang yg kedua juga ditanya oleh Alloh dng pertanyaan yg sama,dia pun menjawab; 
aku bekerja ya Alloh hanya sebagai jalan sebab utk mendapatkan rizqiMu, sedangkan anak istriku, aku pasrahkan kepadaMu ya Alloh, 

Alloh pun menyatakan wahai hambaKu, 
karena engkau berpasrah kpdKu, Aku Alloh yg akan menjaga anak istrimu, bersenanglah-senanglah engkau diakhirat, dan anak istrimu-pun akan bersamamu dlm kenikmatan akhirat jika Aku telah tentukan mereka wafat.
 

 
Suatu saat Malik bin Dinar berjalan dengan seorang temannya, di tengah padang pasir, dlm keadaan kehausan Malik bin Dinar melihat sekelompok kijang berkumpul disatu tempat ditengah padang pasir, maka beliau-pun berfikir pasti segerombolan kijang tsb tengah meminum di-oase. Setelah beliau hampiri,ternyata segerombolan kijang tersebut meminum dari sumur.

Aneh...bagaimana segerombolan kijang tsb meminum dr sumur sedangkan airnya berada dibawah, pikir Malik bin Dinar & ternyata air dr sumur tsb naik keatas.

Beliau memohon kpd Alloh, agar memberi petunjuk kenapa air disumur tsb naik keatas. Alloh mendatangkan seorang budak hitam kpd beliau & sang budak tsb berkata; 

wahai Malik bin Dinar, kawanan kijang tsb mendatangi sumur dng tawakkal kpd Alloh, maka Alloh-pun mengangkat air dr dalam sumur shg kijang2 tsb dpt meminum air dr dlm sumur yg sdh terangkat airnya...

Wahai Malik bin Dinar, jika engkau bertawakkal kpd Alloh swt utk mendapatkan rizqiNya seperti kawanan kijang tsb, niscaya Alloh-pun akan memberikan kepadamu rizqi dr sisiNya...

سُبْحَانَ اللَّهِ 

Mudah-mudahan bermanfaat.


abdkadiralhamid@2014

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tawakal Dalam Mencari Rezeki Allah"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip